Mengetahui Jenis Perawatan Pada Panel Daya

Setiap bangunan komersial seperti mall atau perusahaan pasti memiliki panel listrik yang berguna untuk mendistribusikan tenaga listrik dari sumber ke penggunanya. Fungsi alat tersebut sangat vital bagi perusahaan karena itu perlu dilakukan perawatan panel listrik secara berkala.


Salah satu tujuan merawat panel listrik adalah mengurangi resiko kecelakaan akibat kerusakan peralatan. Selain itu dengan merawat panel listrik, perusahaan juga bisa meningkatkan reliability dan efisiensi peralatan listrik.

Merawat panel listrik tidak hanya dilakukan ketika panel tersebut rusak. Terdapat empat cara untuk menjaga agar panel listrik selalu terawat. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk merawat panel listrik yang biasa dilakukan oleh Sewatama Power Service Solution yakni:

1. Predictive Maintenance
Cara pertama untuk menjaga agar panel listrik tetap dalam kondisi prima adalah dengan cara memprediksi kondisi panel listrik atau lebih dikenal sebagai predictive maintenance.

Dengan melakukan predictive maintenance, perusahaan dapat mengetahui mana saja peralatan listrik dan panel listrik yang tidak berfungsi atau gagal bekerja sebelum panel rusak.

2. Preventive Maintenance
Selain melakukan prediksi, perawatan pada panel listrik juga bisa dilakukan dengan melakukan pencegahan atau preventive maintenance. Perawatan jenis ini dilakukan sebelum terjadi kerusakan pada panel.

Untuk mengetahui hal tersebut, teknisi biasanya akan memeriksa panel listrik secara berkala sesuai jadwal. Selain memeriksa panel, teknisi juga akan melakukan pembersihan, pelumasan dan penyetelan ulang agar tetap bekerja secara optimal dan juga mencegah kerusakan.

3. Corrective Maintenance
Corrective Maintenance ditujukan untuk mengganti atau memperbaiki bagian-bagian tertentu ada panel agar dapat berfungsi semakin baik. Selain itu pada perawatan ini, teknisi juga bisa melakukan analisis kembali pada panel listrik.

Improvisasi dan inovasi pada panel listrik juga termasuk ke dalam corrective maintenance.

4. Breakdown Maintenance
Ketika panel listrik rusak atau mengalami gagal fungsi, teknisi akan melakukan perbaikan yang lebih dikenal dengan breakdown maintenance. Selain diperbaiki, bagian panel listrik yang rusak juga dapat diganti.

Tujuan dari perawatan jenis ini adalah mengembalikan fungsi panel listrik menjadi normal.

Perawatan panel listrik merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga distribusi listrik tetap terjaga. Untuk melakukan perawatan, perusahaan dapat menggunakan jasa perawatan.

Sewatama power service solution merupakan salah satu penyedia jasa perawatan yang bisa dipilih. Melalui sewatama, panel listrik pada perusahaan akan terus terjaga dan dapat bekerja secara optimal.
Previous
Next Post »